LA MBALI ( Layanan Membangun Budaya Baca dan Tulis)
Situasi dan kondisi permasalahan disekolah yang berkaitan dengan kemampuan baca dan tulis
peserta didik yang masih rendah diperlukan satu layanan yang optimal di sekolah
guna mendukung Gerakan Literasi Sekolah
(GLS).Dari permasalahan tersebut
diperlukan sebuah solusi yang tepat berupa Layanan membangun Minat baca
dan tulis atau yang disingkat LA MBALI.
Layanan ini difokuskan pada beberapa aspek penataan
fasilitas dan infrastruktur sekolah sebagai bentuk implementasi management
Berbasis Sekolah (MBS) dalam bentuk pemanfaatan dan optimalisasi area membaca, setidaknya sekolah mampu
mengakomodasi ruang yang dapat diubah menjadi ruang baca yang tepat bagi
peserta didik disetiap sudut kelas
Berdasarkan fakta dan kebutuhan tersebut maka
dibuatlah salusi dengan mengoptimalkan pemanfaatan pojok kelas menjadi Pojok baca
bagi peserta didik dalam meningkatkan
pembiasaan membaca dan menulis
peserta didik di sekolah. Pojok baca adalah sudut tempat peserta didik
membaca dimana disediakan buku buku
tentang pendidikan , serta ilmu penggetahuan serta karya siswa yang dapat
menambah keunikan dan keindahan . guru
harus mampu berupaya maksimal agar pojok baca
menjadi magnet untuk menarik siswa
membaca, maka guru harus kreatif
menciptakan pojok baca yang
menarik perhatian peserta didik.
Pojok baca dibuat bukan untuk menyaingi perpustakaan sekolah, namun justru membantu perpustakaan sekolah dalam menciptakan pembiasaan gemar membaca dan rutinitas membaca siswa
foto ; Pojok baca kelas