LA MBALI ( Layanan Membangun Budaya Baca dan Tulis)

Situasi dan kondisi permasalahan disekolah  yang berkaitan dengan kemampuan baca dan tulis peserta didik yang masih rendah diperlukan satu layanan yang optimal di sekolah guna mendukung  Gerakan Literasi Sekolah (GLS).Dari permasalahan tersebut  diperlukan sebuah solusi yang tepat berupa Layanan membangun Minat baca dan tulis atau yang disingkat LA MBALI.

Layanan ini difokuskan pada beberapa aspek penataan fasilitas dan infrastruktur sekolah sebagai bentuk implementasi management Berbasis Sekolah (MBS) dalam bentuk pemanfaatan dan optimalisasi  area membaca, setidaknya sekolah mampu mengakomodasi ruang yang dapat diubah menjadi ruang baca yang tepat bagi peserta didik disetiap sudut kelas 

Berdasarkan fakta dan kebutuhan tersebut maka dibuatlah salusi dengan mengoptimalkan pemanfaatan pojok kelas menjadi  Pojok baca  bagi peserta didik dalam meningkatkan  pembiasaan membaca  dan menulis peserta didik di sekolah. Pojok baca adalah sudut tempat peserta didik membaca  dimana disediakan buku buku tentang pendidikan , serta ilmu penggetahuan serta karya siswa yang dapat menambah  keunikan dan keindahan . guru harus mampu berupaya maksimal agar pojok baca  menjadi magnet  untuk menarik siswa membaca, maka guru harus kreatif  menciptakan pojok baca  yang menarik perhatian peserta didik.

Pojok baca dibuat bukan untuk menyaingi perpustakaan sekolah, namun justru membantu perpustakaan sekolah dalam  menciptakan pembiasaan gemar membaca  dan rutinitas membaca siswa 


foto ; Pojok baca kelas